3 Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan Bisa Apa

bayi 3 bulan bisa apa

Tahukah bunda, ketika si kecil sudah berusia 3 bulan, ternyata ada banyak sekali perkembangan yang bisa bunda perhatikan. Nah, bagi bunda yang penasaran dengan apa saja tahapan-tahapannya, berikut kami jelaskan perkembangan bayi 3 bulan bisa apa saja, khusus untuk bayi berusia 3 bulan.

1.  Perkembangan Fisik si Kecil

Perkembangan pertama yang mudah sekali untuk diperhatikan yaitu dari fisik sikecil. Pasalnya, di usia ini si kecil sudah mengalami perkembangan motorik yang sudah mulai terbentuk.

Bayi usia 3 bulan sudah memiliki kekuatan leher yang lebih baik. Bayi juga sudah bisa mengangkat kepala dengan lebih baik, khususnya pada saat melakukan tummy time.

Selain itu, saat ibu menggendong bayi, leher bayi juga sudah mulai tegak dan kepala bayi tidak mudah goyang.

2.  Perkembangan Kemampuan Indera

Kemampuan indera pada bayi yang sudah berusia 3 bulan juga mengalami peningkatkan yang baik, khususnya indera penglihatan dan pendengaran. Bayi di usia tersebut lebih mudah tersenyum dan fokus melihat kedua orangtuanya.

Bayi di usia ini juga sangat tertarik melihat wajah kedua orangtuanya. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk menatap mata si kecil saat ibu dan ayah berkomunikasi. Selain itu, bayi juga sudah tertarik dengan bayangan diri sendiri pada cermin.

Selain indera penglihatan, bayi juga sudah mulai menyukai untuk menyentuh mainan-mainan dengan tekstur berbeda.

3.  Perkembangan Berbicara

Bayi yang sudah berusia 3 bulan tidak hanya bisa menangis untuk melakukan komunikasi. Bayi juga sudah mulai mengeluarkan suara, seperti “oh” dan “ah” untuk berbicara dengan kedua orangtuanya.

Sebagai orangtua, Anda bisa mengajaknya berkomunikasi dan menanggapi setiap suara yang dibuat oleh Si Kecil. Meskipun si kecil di usia ini belum memahaminya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengajak si kecil anak berkomunikasi. Cara ini bisa menjadi cara untuk menstimulasi si kecil agar membantu mereka berbicara dengan lancar.

Itulah beberapa perkembangan bayi 3 bulan bisa apa dengan 3 tahapan. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan untuk bayi, salah satunya yaitu popok bayi dari MAKUKU.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *