6 Tanda Perkembangan Bayi yang Sehat

perkembangan bayi

Bayi yang aktif dan riang seringkali menjadi tolak ukur perkembangan yang sehat. Namun selain itu, orang tua perlu mengetahui tanda perkembangan bayi sehat lainnya. Pasalnya, bayi yang aktif dan riang bukan satu-satunya tanda. Simak artikel ini untuk pembahasan lebih lanjut!

Tanda Perkembangan Bayi yang Sehat

Berikut merupakan tanda perkembangan Si Kecil yang sehat dan bagus:

1. Frekuensi Menyusu ASI yang Cukup

Bayi akan mengonsumsi ASI secara eksklusif hingga berusia 6 bulan. Frekuensi menyusu ASI yang cukup menjadi tanda perkembangan yang sehat. Bayi usia 3-6 bulan menyusu 7-8 kali sehari, sementara bayi 6 bulan menyusu 4-6 kali sehari.

2. Berat dan Tinggi Badan Bayi Bertambah

Peningkatan berat dan tinggi badan juga menjadi tanda bahwa perkembangannya sehat. Namun peningkatan tersebut tidak berlebihan atau sesuai dengan usianya. Oleh sebab itu, Anda harus menimbang dan mengukur tubuh Si Kecil secara rutin.

3. Jam Tidur Optimal

Bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan membutuhkan waktu tidur 14-17 jam. Sedangkan pada usia 3-6 bulan, jam tidurnya menjadi 15-16 jam. Setiap anak memiliki jam tidur berbeda, namun umumnya Si Kecil akan tidur malam pada pukul 18.00 sampai 20.00.

4. Fokus Melihat Wajah Orang

Bayi yang memiliki perkembangan sehat mampu fokus ketika melihat orang lain. Misalnya saat menyusu, bayi akan menatap mata ibunya. Penglihatannya akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya usia.

5. Responsif Saat Mendengar Suara

Sama seperti penglihatan bayi, pendengaran bayi juga menjadi tanda perkembangan yang sehat. Bayi sehat memiliki pendengaran yang responsif saat mendengar suara. Respon bisa berupa rasa kaget, menoleh, senyum, tertawa, dan lain-lain.

6. Koordinasi Tangan yang Baik

Terakhir, koordinasi tangan yang baik karena perkembangan motoriknya berjalan optimal. Pada usia 7 bulan, bayi mulai bisa memegang benda atau belajar makan sendiri. Hal tersebut lantaran koordinasi kedua tangannya sangat baik. 

Itulah pembahasan mengenai tanda perkembangan bayi yang sehat. Jika mencari popok yang nyaman dan aman untuk membantu perkembangan yang optimal, Anda bisa memilih MAKUKU SAP Diapers. Struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) yang digunakan mampu menyerap cairan dengan baik. Selain itu, MAKUKU SAP Diapers juga anti ruam dan anti bocor. 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *