Begini Cara Kerja Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Bekerja sama dengan digital marketing agency memang menjadi pilihan yang tepat bagi pemilik bisnis. Ketika agensi fokus pada pemasaran, maka Anda bisa fokus untuk meningkatkan value bisnis. Jadi, Anda bisa mempertahankan pelanggan yang didapatkan sebelumnya karena produknya memang bernilai. 

Namun, sebelum bekerja sama dengan agensi pemasaran digital. Anda perlu mengetahui bagaimana cara kerja agensi. Setiap agensi memiliki cara kerjanya masing-masing. Tapi pada umumnya mereka memiliki work flow atau alur kerja yang sama. Yuk, selengkapnya bisa Anda lihat melalui artikel ini!

Cara Kerja Digital Marketing Agency untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah cara kerja agensi pemasaran digital untuk membantu bisnis Anda:

1. Analisis Target Audiens

Langkah awal yang dilakukan agensi yaitu analisis target audiens atau target market. Hal ini penting untuk merancang strategi pemasaran yang tepat. Analisis ini melibatkan proses pengumpulan dan analisis data secara mendalam. Agensi akan mencari tahu siapa target audiens bisnis Anda mulai dari demografi, minat, kebiasaan, preferensi, perilaku, dan lain sebagainya. 

2. Penyusunan Strategi

Setelah melakukan analisis target audiens, agensi akan mulai menyusun strategi. Penyusunan strategi ini menjadi hal yang sangat penting karena membantu merencanakan tindakan, mengalokasikan sumber daya, dan mengarahkan teknik pemasaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Agensi yang memiliki kompetensi tinggi mampu menyusun strategi dengan baik. 

3. Pembuatan Konten

Digital marketing tidak jauh-jauh dengan yang namanya konten. Dalam tahap ini agensi akan memproduksi konten yang menarik dan relevan agar mampu menarik perhatian audiens. Digital marketing agency membuat konten berdasarkan karakteristik, preferensi, dan kebutuhan target audiens. 

4. Optimasi Mesin SEO

Salah satu teknik pemasaran digital yang masih digunakan sampai sekarang yaitu optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization). Google adalah mesin pencari yang paling banyak dimanfaatkan. Tujuan optimasi SEO yaitu meningkatkan visibilitas website di halaman hasil pencarian. Semakin sering muncul di pencarian audiens, maka brand Anda akan semakin mudah untuk dikenal.

5. Penggunaan Media Sosial

Media sosial merupakan platform digital yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Jadi, media sosial menjadi platform terbaik untuk melakukan pemasaran digital. Agensi membantu mengelola media sosial dan memanfaatkannya untuk membagun brand awareness. Melalui media sosial, Anda bisa berinteraksi, berbagi informasi, hingga membagun hubungan dengan audiens. 

6. Analisis dan Pengukuran

Analisis yang komprehensif membantu mengidentifikasi apa yang perlu ditingkatkan dan apa yang sudah memberikan hasil yang bagus. Sedangkan pengukuran yang tepat membantu mengambil keputusan yang tepat. Agensi melakukan analisis dan pengukuran yang akurat menggunakan tools seperti Google Analytics. 

7. Pelaksanaan Campaign

Jika semua hal sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya yaitu eksekusi atau pelaksanaan campaign. Agensi akan menjalankan digital marketing campaign sesuai strategi yang telah dibuat. Hal yang dilakukan mulai dari mengelola konten, mengoptimalkan konten, mengirim email, dan lain sebagainya. 

8. Evaluasi dan Penyesuaian

Langkah terakhir yang dilakukan agensi yaitu evaluasi dan penyesuaian. Harus selalu ada evaluasi agar campaign selanjutnya berjalan lebih baik. Evaluasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis informasi kinerja campaign yang dijalankan. Untuk menjalankannya juga menggunakan tools analytics sehingga hasilnya akurat dan valid. 

Itulah cara kerja digital marketing agency atau agensi pemasaran digital yang perlu Anda ketahui. Sekarang saatnya Anda memilih agensi terbaik untuk membantu kelancaran bisnis. IDEOWORKS menjadi pilihan banyak perusahaan mulai dari level kecil sampai dengan besar. 

Agensi ini menawarkan layanan full service marketing terlengkap untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa berkonsultasi dengan tim IDEOWORKS untuk menentukan layanan yang cocok dengan tujuan dan jenis bisnis. Yuk, hubungi tim IDEOWORKS sekarang juga untuk bekerja sama!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *