web log free Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia - Aneka Unik

Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang sangat unik yang memiliki banyak sekali cerita sejarah. Iya mulai dari masa kerajaan, masa penjajahan, masa kemerdekaan, hingga sekarang ini. Nah dari berbagai masa yang telah dilalui bangsa Indonesia itulah yang kemudian meninggalkan berbagai tempat atau benda bersejarah yang tentunya akan sangat unik ketika kita eksplore. Nah bagi Anda yang ingin mengetahui tentang sejarah-sejarah yang ada di Indonesia, berikut adalah tempat wisata bersejarah di Indonesia yang cukup ramai dikunjungi.

Pilihan Tempat Wisata Bersejarah di Indonesia

1. Jam Gadang

Hasil gambar untuk 1. Jam Gadang

Bangunan yang menjadi ikon dari Sumatera Barat ini merupakan bangunan yang sangat melegenda. Konon sih menara jam ini dibangun pada tahun 1926 yang kemudian diberi nama jam gadang.

Jam gadang sendiri berarti jam besar yang tingginya hingga 26 meter. Menurut cerita yang beredar jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker yakni sekretaris kota Bukittinggi ketika pemerintahan Hindia Belanda. 

2. Masjid Istiqlal

Gambar terkait

Masjid yang berada di Ibukota Jakarta ini menjadi salah satu masjid bersejarah yang sekaligus menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini dibangun pada masa kepemimpinan presiden Ir Soekarno yang tujuannya adalah dijadikan sebagai masjid nasional negara. Masjid yang dibangun pada tahun 1951 ini memiliki cerita unik yang mana desainnya dibuat oleh arsitek yang merupakan seorang beragama kristen protestan. 

3. Lawang Sewu

Hasil gambar untuk 3. Lawang Sewu jogja

Bangunan yang menjadi ikon Kota Semarang ini juga memiliki cerita sejarah yang sangat unik. Namanya lawang sewu yang artinya seribu pintu ini dibuat pada tahun 1904 hingga 1907. Dulunya gedung ini dijadikan sebagai kantor pemerintahan Belanda. 

4. Fort Rotterdam

Hasil gambar untuk 4. Fort Rotterdam

Benteng yang berada di Makassar ini juga menjadi salah satu tempat wisata bersejarah di Indonesia yang sudah sangat tua. Benteng ini merupakan peninggalan dari kerajaan Gowa-Tallo yang menurut catatan sejarah dibangun pada tahun 1545.

Pada awalnya nama dari benteng ini adalah benteng ujung, kemudian setelah tempat ini diduduki oleh Belanda, maka namanya berubah menjadi fort rotterdam. Benteng ini juga menjadi pusat penampungan rempah-rempah di wilayah Indonesia bagian timur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *